Skip to content
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • Email
SMA NEGERI 5 MALANG

SMA NEGERI 5 MALANG

Dharme Kyastu Yogya

  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah
    • Visi dan Misi
    • Struktur Kepemimpinan
    • Profil Pimpinan
    • Profil Pendidik dan Tenaga Kependidikan
      • Informasi Pendidik
      • Informasi Tendik
  • Kurikulum
    • LMS Dhamysoga
    • SKS
    • E-RAPOR SMAN 5 MALANG
    • Kalender Pendidikan
  • Humas
    • Hubungan Kerjasama
    • Pertanyaan
  • Kesiswaan
    • OSIS dan MPK
    • Prestasi Akademik
      • SNMPTN dan SBMPTN
    • Prestasi Non Akademik
  • Sarana dan Prasarana
    • Infrastruktur
    • Sarana Pembelajaran
    • Pepustakaan
  • Kegiatan Sekolah
    • PPDB
    • Ektrakurikuler
    • Dhamysoga Character Camp (DCC) 2022
    • Cresta
  • Galeri
    • Foto
    • Video
  • Alumni
  • Kontak
  • Toggle search form

Mengoptimalkan Kolaborasi Tim Dalam Diskusi Melalui Aktivitas “Fishbowl”

Posted on 8 August 20238 August 2023 By admin No Comments on Mengoptimalkan Kolaborasi Tim Dalam Diskusi Melalui Aktivitas “Fishbowl”

Kolaborasi yang efektif dalam tim adalah kunci kesuksesan dalam berbagai bidang, baik di dunia pendidikan maupun dunia kerja. Salah satu cara yang efektif untuk membangun kolaborasi yang kuat adalah melalui aktivitas “Fishbowl Graffiti Team Time.” Dalam artikel ini, kita akan membahas konsep aktivitas ini, peran-peran kunci dalam tim, serta memberikan tips dan trik untuk mengoptimalkan hasil dari aktivitas ini.

Konsep “Fishbowl Graffiti Team Time”: “Fishbowl Graffiti Team Time” adalah sebuah aktivitas kolaboratif yang melibatkan peserta dalam dua tim yang berbeda, yaitu Tim 1 dan Tim 2. Masing-masing tim memiliki peran-peran khusus yang berkontribusi untuk menciptakan lingkungan kolaboratif yang produktif. Berikut adalah gambaran singkat tentang peran-peran tersebut:

  1. Manager: Bertanggung jawab untuk menjaga arah pembicaraan dan memastikan fokus tetap pada topik yang dibahas.
  2. Reader: Membacakan pertanyaan atau instruksi kepada tim secara jelas dan terperinci.
  3. Encourager: Memastikan bahwa setiap anggota tim berpartisipasi aktif dan memberikan dukungan positif kepada teman satu tim.
  4. Checker: Memastikan pemahaman yang konsisten di antara anggota tim dan mengklarifikasi ketidakjelasan jika diperlukan.
  5. Writer: Mencatat poin-poin penting dan hasil dari diskusi.

Langkah-langkah dalam Aktivitas:

  1. Pembagian Tim: Peserta dibagi menjadi dua tim, Tim 1 dan Tim 2.
  2. Fase Diskusi: Tim 1 terlibat dalam diskusi atau tantangan pemecahan masalah berdasarkan topik yang diberikan.
  3. Fase Observasi: Tim 2 mengamati dinamika Tim 1 dan interaksi mereka sambil mendengarkan diskusi. Mereka mencatat dan fokus pada sejauh mana kerja sama Tim 1 berjalan.
  4. Bergantian Peran: Setelah periode tertentu, peran tim diganti. Tim 2 sekarang menjadi tim diskusi (Tim 2), dan Tim 1 mengamati dan mencatat (Tim 1).
  5. Brainstorming Pertanyaan: Setiap anggota tim mengajukan pertanyaan terbuka yang terkait dengan topik dan menulisnya di kertas grafik, papan tulis kecil, atau dokumen bersama.
  6. Brainstorming dan Kritik: Pertanyaan-pertanyaan tersebut berpindah tangan atau diputar melalui dokumen bersama, dan setiap anggota tim berkontribusi dengan ide-ide jawaban untuk semua pertanyaan.
  7. Analisis Kelompok: Setelah setiap anggota tim berkontribusi pada semua pertanyaan, kelompok menganalisis dan mengkritisi respons yang diberikan oleh anggota tim lain.

Tips dan Trik untuk Keberhasilan:

  1. Komunikasi Terbuka: Berkomunikasilah dengan jelas dan terbuka dengan anggota tim. Diskusikan tujuan aktivitas dan peran masing-masing secara rinci sebelum memulai.
  2. Pemilihan Pertanyaan: Pilih pertanyaan yang relevan dan menarik untuk memicu diskusi yang bermanfaat dan mendalam.
  3. Rotasi Peran: Rotasi peran dalam setiap sesi memungkinkan semua anggota tim untuk mengalami berbagai peran dan belajar dari perspektif yang berbeda.
  4. Aktif Mendengarkan: Selama fase observasi, Tim 2 harus mendengarkan dengan saksama, mencatat dinamika tim, dan merumuskan umpan balik yang konstruktif.
  5. Refleksi Bersama: Setelah aktivitas selesai, lakukan refleksi bersama mengenai kekuatan dan peluang perbaikan dari kolaborasi tim.
  6. Penghargaan: Apresiasi setiap kontribusi anggota tim dan dorong semangat positif dalam diskusi.

Dengan mengadopsi pendekatan “Fishbowl Graffiti Team Time,” tim dapat mengembangkan kemampuan kolaboratif yang kuat, meningkatkan pemahaman tentang dinamika kelompok, serta menciptakan lingkungan yang mendukung eksplorasi ide dan pembelajaran kolektif. Dengan komitmen untuk berpartisipasi aktif dan menerapkan tips di atas, aktivitas ini dapat menjadi pengalaman pembelajaran yang bermanfaat dan bermakna bagi semua peserta.

sumber : https://gurukreatif.files.wordpress.com/

KOLOM GURU

Post navigation

Previous Post: Kenikir Pembawa Kemenangan

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Drs. AMAT, M.M.Pd
SAMBUTAN KEPALA SMA NEGERI 5 MALANG

  • BERITA
  • BERITA PENDIDIKAN
  • KEGIATAN SEKOLAH
  • KERJA SAMA
  • KOLOM GURU
  • Tak Berkategori

Kerja Ikhlas

Kerja Cerdas

Kerja Tuntas

Motivasi kerja

Postingan Terakhir

  • Mengoptimalkan Kolaborasi Tim Dalam Diskusi Melalui Aktivitas “Fishbowl”
  • Kenikir Pembawa Kemenangan
  • FOTO KELAS DAN WALI KELAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023
  • INFORMASI PPDB TAHUN PELAJARAN 2023/2024
  • DFL (Dhamysoga Futsal Language)

Komentar Terbaru

  1. Seorang Komentator WordPress on PILKETOS 2021, orasi kandidat calon ketua OSIS diselenggarakan secara offline di lapangan basket
August 2023
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
« May    

Copyright © 2023 SMA NEGERI 5 MALANG.

Powered by PressBook WordPress theme