Oleh: Kharisma Gigih Kurniawan, S.Pd.

Pandemi Covid-19 yang terjadi selama kurang lebih 2 tahun ke belakang ini secara langsung berpengaruh terhadap kelangsungan pembelajaran di Sekolah, utamanya di SMA Negeri 5 Malang. Motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dari bisa dibilang sangat rendah. Terbukti dengan kemauan siswa untuk mengikuti pembelajaran online, dalam hal pengumpulan tugas, dan juga kehadiran di sekolah dalam masa transisi dari daring menuju luring.

Untuk bisa mengatasi hal tersebut, SMA Negeri 5 Malang bekerjasama dengan bimbingan belajar Airlangga mengundang dr. Gamal Albinsaid. Beliau adalah seorang dokter yang juga seorang pengusaha. Beliau lulus dari Fakultas Kedokteran Universtas Brawijaya Malang dan sempat menjadi Juru Bicara dari Prawobo-Sandiaga Uno pada pemilihan presiden 2019 silam.

Dalam kunjungannya ke SMA negeri 5 Malang, dr. Gamal menjelaskan berbagai aksi yang sudah dilakukannya selama ini. Salah satunya adalah dengan mendirikan Kliknik Asuransi Sampah dan Bank Sampah. Klinik Asuransi Sampah didirkan oleh dr. Gamal untuk memfasilitasi masyarakat kurang mampu agar dapat mengakses sarana kesehatan. Caranya dengan menyetorkan sampah yang berbahan dasar plastik, yang akan ditukar dengan kartu, kemudian kartu tersebut bisa digunakan untuk mendapatkan layanan pengobatan.

Tujuan dari dr. Gamal menyampaikan prestasinya selama ini, mulai dari dokter biasa, hingga akhirnya bisa menjadi salah satu orang penting yang ada di Indonesia adalah untuk menginsiprasi para Siswa SMA Negeri 5 Malang untuk bisa segera bangkit dari keterpurukan. Selain itu untuk meningkatkan motivasi siswa menghadapi pembelajaran yang akan berjalan normal di tahun ajaran baru nanti.

Sihvanya, salah satu peserta motivasi mengatakan, setelah mengikuti motivasi yang disampaikan oleh dr. Gamal, dirinya mulai tergerak untuk bisa memperbaiki pola pikir dan pola belajar yang sudah terbentuk selama pandemi selama ini. Ia mengatakan akan mulai kembali menyesuaikan diri dengan pembelajaran secara langsung dan juga berusaha mengembangkan ide-ide kreatif yang mungkin bisa berguna untuk masyarakat umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *