25 September 2021, tim jurnalistik SMAN 5 Malang kedatangan tamu dari PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Malang guna memberikan pengarahan dan pelatihan dalam melawan hoax yang sangat massif beredar. Dalam kesempatan yang bagus itu, Pak Nurdin selaku pemateri dari PWI menyampaikan banyak hal, salah satunya teknik membuat berita dengan mengesampingkan hoax.
Dalam kesempatanya, Pak Nurdin mengimbau media sekolah dimanfaatkan untuk hal-hal yang sifatnya sinergis dan edukatif. Untuk itu dia getol melakukan gerakan nasional anti hoax ke seluruh Indonesia. 
Hoax sudah menyebar dan menimbulkan keresahan di masyarakat. Jangan saling memecah belah,” katanya.
Menurutnya, gerakan ini lebih banyak gerakan moral untuk menyadarkan masyarakat tentang bagaimana media sekolah digunakan secara positif. Kedua mengajarkan dan mengajak masyarakat untuk memahami bahaya penyebaran hoax dari sisi hukum, agama, kesusilaan, dan kesopanan.
Selain memberikan arahan mengenai perang terhadap hoax, beliau juga memberikan pelatihan jurnalistik dasar kepada tim jurnalistik SMAN 5 Malang dengan tujuan untuk membuat konten yang lebih interaktif dan edukatif.
Diharapkan kegatan seperti ini dapat menjadi kegiatan rutin sekolah. Sehingga bukan hanya materi dari guru dan pelatih ekstrakulikuler, melainkan juga dari para professional di bidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *