Hallo semua! SMAN 5 Malang juga punya event tahunan yang menarik loh. Bagi kalian yang asli orang Jawa pasti sangat menunggu event ini. Event ini bernama KSD (Kiprah Sandhiwara Dhamysoga).

KSD merupakan kegiatan rutin dari siswa-siswi SMAN 5 Malang kelas XII dalam rangka memenuhi KD (Kompetensi Dasar) pada mata pelajaran Bahasa Daerah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk merekatkan budaya Indonesia pada umumnya dan budaya Jawa khususnya. Tujuan secara luas siswa dilatih untuk mengadakan pertunjukan dalam bentuk pertunjukan drama. Disebut bertujuan luas karena melalui kegiatan ini, diharapkan siswa dapat mempererat sikap kerja sama, gotong royong, serta sikap tidak egois kepada seluruh siswa kelas XII SMAN 5 Malang. Sikap itu perlu untuk dimiliki siswa untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia.

Kegiatan ini dipelopori oleh Ibu Silvia Melati sebagai guru Bahasa Daerah di SMA 5. Pada tahun 2021, KSD dilaksanakan di Aula MGMP dengan protokol kesehatan yang ketat. Mengingat pandemi Covid-19 masih mengintai. Tetapi walaupun dengan protokol kesehatan yang ketat, acara tetap berlangsung lancar dan meriah.

Panitia pada acara KSD 2K21 ini melibatkan beberapa siswa kelas XII yang dibantu oleh siswa kelas X dan XI. Pelibatan siswa kelas X dan XI ditujukan untuk memberikan pengalaman kepada siswa, supaya di event berikutnya sudah memiliki banyak pengalaman dalam menyelenggarakan KSD.

Bu Silvi dalam waktu terpisah mengutarakan harapan event KSD supaya siswa berperan aktif dan lebih mengeksplor cerita rakyat yang belum banyak diketahui dan lebih banyak variasi teknik pementasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *