Pada Rabu (03/11), SMAN 5 Malang mengadakan Science Film Festival (SFF) secara online maupun offline di sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 10 dan 11.

SFF adalah salah satu program yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya di SMAN 5 Malang. Program ini merupakan kerja sama antara SMA se-Jawa Timur dengan Goethe Institut. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan daya tarik peserta didik terhadap science melalui eksperimen yang dilakukan.

Tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, “Jika tahun sebelumnya kegiatan dilaksanakan secara langsung dan hanya terletak dalam satu ruangan, yaitu di aula MGMP. Hal ini tentu menyebabkan lebih simpel dan lebih mudah dari segi pengaturannya,” ungkap salah satu panitia. Berbeda halnya dengan tahu ini, penyelenggaraan SFF sedikit berbeda. Perbedaannya terletak pada ruangan dan teknis pemutaran film. Ruang yang digunakan digunakan yakni aula MGMP dan kelas. Video diputar di aula MGMP dan secara serempak disaksikan peserta didik di kelas masing-masing melalui media LCD proyektor.

Urutan acara pelaksanaan SFF meliputi: menonton film, pengantar, serta pengenalan bahasa Jerman melalui zoom di kelas masing-masing. Pada pertengahan acara, peserta didik juga diajak untuk ikut bereksperimen sesuai dengan prosedur atau langkah langkah yang ditampilkan pada zoom.

Pada akhir acara, seluruh peserta kegiatan menyerahkan bukti eksperimen melalui google form yang telah disediakan. Menariknya, 200 peserta pertama yang menyerahkan bukti eksperimen akan mendapatkan hadiah souvenir. “Harapannya, semoga peserta didik lebih tertarik untuk bereksperimen di bidang science. Semoga SFF tahun depan bisa dilaksanakan secara full di sekolah,” ungkap Dewi selaku guru sekaligus ketua pelaksana SFF 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *