Salah satu langkah mengakhiri pandemi yang tak kunjung usai adalah dengan melaksanakan kegiatan vaksinasi pada seluruh warga negaranya.

Baru-baru ini, Senin (27/09), salah satu sekolah favorit di Kota Malang, SMA Negeri 5 Malang, mengadakan kegiatan vaksinasi tahap 1 untuk seluruh warga SMAN 5 Malang, yang meliputi siswa, guru, karyawan, keluarga karyawan, maupun alumni dengan batas kuota tertentu.

Kegiatan vaksinasi ini terwujud berkat kerja sama antara SMA Negeri 5 Malang dengan Landasan Udara Abdul Rachman Saleh (Lanud) yang telah menyediakan sekitar 1000 dosis vaksin tahap 1 serta tenaga medis dari Puskesmas Bareng sebagai vaksinator. Kemudian sarana prasarana dan pengaturan ruangan disediakan oleh SMA Negeri 5 Malang.

Langkah-langkah dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi di SMA Negeri 5 Malang dimulai dari siswa yang masuk untuk mengisi data diri. Kemudian setelah mengisi data diri siswa diarahkan untuk screening terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi kesehatan siswa. Kemudian setelah dipastikan dalam keadaan sehat, siswa diarahkan untuk masuk aula. Saat masuk aula siswa harus mengantri untuk disuntik. Setelah disuntik siswa harus menunggu selama 15-20 menit sebelum diizinkan pulang.

Rachma Dwi Noorwita selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan sekaligus ketua pelaksana kegiatan vaksinasi menyebut tujuan dari diadakannya kegiatan vaksinasi di SMA Negeri 5 Malang adalah sebagai bentuk keikutsertaan menyukseskan program pemerintah menciptakan kekebalan kelompok(herd immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya.

Adapun, persyaratan mengikuti kegiatan vaksinasi adalah tubuh dalam keadaan sehat, tidak memiliki penyakit kronis dan paru, bukan pengidap diabetes, dan memiliki tekanan darah normal. Selain itu, para peserta vaksinasi diminta untuk membawa Kartu Keluarga atau Kartu Tanda Penduduk untuk pendataan sertifikat vaksin.

Di kesempatan yang sama Rachma Dwi Noorwita juga menyebut ada beberapa peserta yang belum dapat melakukan vaksinasi karena tidak lolos screening. Bagi peserta vaksin yang harus mengalami penundaan tetap bisa melaksanakan vaksinasi bersamaan dengan peserta vaksin lainnya di tahap 2 pada tanggal 25 Oktober 2021.

Untuk peserta vaksin yang telah menerima vaksin, panitia telah menyediakan photo box di lapangan basket untuk dokumentasi kegiatan. Kegiatan vaksinasi di SMA Negeri 5 Malang berlangsung dengan lancar dan teratur. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *