Minggu, 17 Desember 2022 pagi telah membawa kabar kegembiraan bagi para anggota Karya Ilmiah Remaja SMAN 5 Malang. Rentetan pengumuman kemenangan dari lomba Indonesia International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO) dan National Applied Science Project Olympiad (NASPO). Kedua lomba ini terbagi menjadi kompetisi online dan offline, yang bertempat di Gedung Aktuaria ITS. Terhitung ekstrakurikuler ini membawa pulang 2 medali emas dan 4 medali perak sekaligus, di antaranya terdapat 1 tim yang mengikuti kompetisi secara offline.

Salah satu dari pemenang medali emas tersebut adalah tim SYCOS. Mereka telah mengolah daun kenikir dan gula singkong menjadi sirup penambah imunitas untuk kehidupan sehari-hari. “Awalnya kami tidak memilih produk ini, kami memilih suatu penelitian yang bahkan jauh sekali dengan produk ini, namun penelitian tersebut perlengkapannya tidak memadai sehingga Bu Dewi menyarankan untuk membuat produk sirup kenikir yang lebih mudah mendapatkan bahan dan alatnya,” ungkap Ananda Rizky Prasetiyo selaku ketua tim SYCOS. “Nantinya produk sirup ini dapat menambah imunitas tubuh dan mengurangi risiko diabetes.”

Teknis perlombaan secara online dilakukan dengan mengumpulkan abstrak dan melakukan presentasi online, sementara pada perlombaan offline dilakukan pameran pada stand yang tersedia di lokasi selama 5 hari beserta poster promosi produk. Pameran tersebut bersifat terbuka untuk publik, sehingga mahasiswa ITS dan masyarakat pun turut dapat melihat produk yang ditampilkan peserta.

“Tanggapannya itu kaget banget, soalnya kan memang saingannya itu banyak ya. Karena berhasil meraih 6 juara, kita juga bisa mendaftarkan ke Puspresnas Kemendikbud untuk mendapatkan benefit lebih,” ucap Bu Dewi Asrining Puri, S.Pd. Beliau turut mendampingi tim yang berkompetisi secara offline tempo hari sebagai pendamping ekstrakurikuler KIR SMAN 5 Malang. Melalui kesempatan ini, Bu Dewi pun mengungkapkan kebanggaannya. “Untuk yang lomba offline masih belum juara 1, tapi dapat juara 2 itu udah bangga banget soalnya mengalahkan banyak saingan, keren. Harapan untuk KIR selanjutnya semoga KIR bisa meraih prestasi yang lebih tinggi daripada sebelumnya, semangat pokoknya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *