Developmental Basketball League atau lebih dikenal dengan singkatan DBL sebelumnya bernama Deteksi Basketball League adalah sebuah kompetisi liga bola basket pelajar SMP dan SMA terbesar di Indonesia. Honda DBL 2022 seri Jawa Timur diselenggarakan di berbagai wilayah, antara lain: Madiun (West Region), Jember (East Region), Malang (South Region), dan Surabaya (North Region). Pemenang dari masing-masing wilayah akan melaksanakan pertandingan final di Surabaya (East Java Series).

SMAN 5 Malang yang diwakili oleh ekstrakulikuler Dhamysoga Basketball Community (DBBC) dengan ketua Muhammad Bintang Haidar. DBBC mengirimkan 1 tim putra dan 1 tim putri masing-masing terdiri atas 12 anggota. Menurut Haidar “Banyak persiapan yang dilakukan anggota DBBC untuk menghadapi pertandingan ini, diantaranya dengan cara menambah porsi latihan, menjaga pola makan, menjaga pola tidur, dan jogging.” Haidar menambahkan “Latihan seringkali mengalami kendala karena pemakaian lapangan yang bersamaan dengan ekskul lain, sehingga DBC perlu menyewa lapangan di luar atau meniadakan latihan.”

              Untuk menemani keseruan DBL ini, Dhamysoga juga mempunyai supporter DBL. Supporter DBL adalah sekumpulan siswa yang mendukung sekolahnya di ajang acara DBL. Selain supporter dapat memeriahkan acara DBL, adanya supporter juga dilombakan. Menurut salah satu supporter DBCC, pengalaman jalan kaki ke stadion, menyalakan smoke bomb ketika latihan, dan menyuarakan yel-yel bersama menjadi penyemangat selama menjadi supporter.

Salah satu panitia juga mengaku memiliki kendala saat menjadi supporter  DBL, yaitu saat setiap siswa sulit diatur untuk menuju ke lapangan tenis. Contohnya masih banyak yang berlama-lama jajan, bermalas-malasan di kelas, hingga pulang terlebih dahulu, dan siswa yang tidak segera berkumpul. Hal ini menyebabkan panitia merasa kurang dihargai. Menjadi supporter juga dapat mempererat tali persaudaraan, keseruan kekompakan, dan mempererat solidaritas warga Dhamysoga.

“SMALA Mania sudah sangat antusias untuk mendukung tim basket (DBBC) dari SMA 5 Malang, dan kami dari DBBC sendiri akan membawa nama SMALA ini demi SMALA Mania dan Bumi Dhamysoga menjadi yang terbaik,” ucap Haidar. Harapan dari haidar untuk kegiatan DBL seterusnya dapat dipersiapkan lebih matang lagi dan dapat menjaga kondisi diri masing-masing sehingga dapat meraih kemenangan.

Selain supporter dan pertandingan basket, DBL juga mengadakan lomba yang sangat erat kaitannya dengan basket, yaitu cheerleaders. Cheerleader atau modern dance yang dimiliki Dhamysoga bernama 3dx. Prestasi 3dx sudah tidak diragukan lagi karena telah sering memenangkan berbagai lomba dalam berbagai tingkatan. Dalam acara DBL ini, 3dx berhasil mendapatkan juara 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *