Dhamysoga Librarian Club atau dikenal juga sebagai DLC telah mengadakan kegiatan studi banding pada tanggal 3 September 2022. Kegiatan studi banding yang dilaksanakan setahun sekali ini, dilaksanalakan di Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Studi banding maupun kunjungan ke perpustakaan-perpustakaan sangalah membantu pendidikan dan pengalaman anggota DLC dalam bidan kepustakawanan. Oleh karena itu, kegiatan ini dapat dilakukan lebih dari satu kali dalam satu tahun.

Kegiatan ini didampingi oleh pembina ekstrakurikuler DLC, Bu Rahmi dan 4 guru pembimbing lainnya. Transportasi yang digunakan untuk menuju ke Kota Blitar yaitu menggunakan kereta api dari Kota Malang. Seluruh anggota yang mengikuti kegiatan studi banding ini bersiap-siap di titik kumpul yang sudah ditentukan pada pukul 06.30 WIB.

Begitu semua anggota terkumpul di Stasiun Kota Baru Malang, para anggota memulai kegiatan dengan berfoto bersama dan membuat opening untuk vlog DLC. Setelah itu, semua orang yang mengikuti kegiatan ini mulai memasuki kereta untuk menuju ke Kota Blitar. Ketika sampai di Stasiun Kota Blitar anggota langsung menuju tujuan utama, yaitu Perpustakaan Proklamasi Bung Karno.

Kegiatan studi banding didampingi oleh guide yang menjelaskan tentang riwayat Bung Karno serta masa-masa Bung Karno menjalani isolasi. Selanjutnya, kegiatan berpindah tempat menuju gedung perpustakaan lantai 1 (satu). Di tempat itu, para anggota DLC akan diberi arahan tentang cara menata urutan buku yang benar dan beberapa tips dan informasi yang berkaitan dengan kegiatan perpustakaan. Dengan arahan guide, anggota ekskul dan guru pembimbing mulai berpindah tempat menuju lantai 2 (dua) perpustakaan. Disana guide menjelaskan cara membuat dan manfaat kartu anggota perpustakaan. Dalam kegiatan studi banding tersebut, para anggota DLC dengan rajin menanyakan beberapa pertanyaan. Dengan ramah guide di perpustakaan tersebut menjawab rasa penasaran anggota DLC dan setiap anggota yang bertanya diberikan hadiah souvenir khusus dari Perpustakaan Proklamasi Bung Karno.

Kegiatan studi banding Perpustakaan Bung Karno diakhiri dengan ishoma, mendoakan Bung Karno, dan membeli oleh-oleh untuk keluarga masing-masing. Kegiatan tersebut selesai pada pukul 14.00 WIB. Melanjutkan perjalanan menuju stasiun untuk kembali ke Kota Malang, dan seluruh tim  sampai di Stasiun Kota Baru Malang pukul 18.00 WIB.

Menurut Bu Rahmi selaku pembina ekstrakurikuler DLC, manfaat diadakannya kegiatan ini adalah menambah wawasan setiap anggota DLC  tentang keperpustakaan dan pengalaman berkunjung bagi anggota baru. Kegiatan ini sangat membantu kerja dalam kegiatan ekstrakurikuler ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *