PROFIL PASCH GOETHE INSTITUT

GAGASAN UTAMA DAN TUJUAN

Ada empat gagasan utama yang mengarahkan implementasi PASCH:

  1. Peluang masa depan melalui pendidikan
  2. Perluasan wawasan melalui penguasaan lebih dari satu bahasa
  3. Akses ke bahasa dan pendidikan
  4. Upaya bersama sebagai komunitas pembelajaran internasional untuk mengatasi masalah di masa depan

INISIATIF PASCH

Pada bulan Februari 2008, Kementerian Luar Negeri Jerman meluncurkan Inisiatif „Sekolah: Mitra menuju Masa Depan“ (PASCH). PASCH memperkuat jaringan 2000 sekolah PASCH di seluruh dunia yang memiliki hubungan khusus dengan Jerman. Goethe-Institut membina sekitar 600 sekolah PASCH di dalam sistem pendidikan nasional lebih dari 100 negara.

Inisiatif ini dikoordinasikan oleh Kementerian Luar Negeri dan diselenggarakan bersama oleh Zentralstelle für Auslandsschulwesen, Goethe-Institut, Deutscher Akademischer Austauschdienst dan Pädagogischer Austauschdienst der Kultusministerkonferenz. Jaringan Sekolah Luar Negeri Jerman dan sekolah yang menawarkan Diploma Bahasa Jerman turut diperkuat melalui inisiatif ini. Selain itu juga dikembangkan kerja sama di bidang sekolah untuk memantapkan posisi pelajaran bahasa Jerman sebagai bahasa asing dalam sistem pendidikan nasional setempat. Di samping itu ditawarkan beasiswa untuk kuliah di Jerman serta kemungkinan untuk pertukaran pelajaran dan program kemitraan antarsekolah

Tujuan PASCH

Inisiatif ini bertujuan membangkitkan minat dan perhatian berkelanjutan di kalangan anak muda untuk Jerman masa kini, masyarakatnya, dan bahasa Jerman. Sebuah jaringan global sekolah mitra Republik Federal Jerman terbentuk, dan berkembang menjadi komunitas pembelajaran internasional melalui beragam aktivitas bersama dan pertukaran Melalui program pendidikan yang menarik, PASCH mendukung kualifikasi berkelanjutan bagi siswa dan pengejar, dan dengan demikian memperluas kompetensi kaum muda untuk kuliah di Jerman dan untuk menghadapi kehidupan profesional kelak. Tujuan lain adalah membentuk ikatan jangka panjang yang aktif dengan Jerman serta mendorong sekolah, pengajar, dan siswa untuk bertukar pikiran secara terbuka dan saling bekerja sama. PASCH juga terhubung dengan berbagai inisiatif lain politik luar negeri di bidang kebudayaan dan pendidikan, antara lain dengan Dinas Relawan „Kulturweit

Tugas dan kegiatan Goethe-Institut

Goethe-Institut membantu lebih dari 550 sekolah PASCH binaannya dalam mengadakan atau memperluas mata pelajaran bahasa Jerman. Di samping menyediakan pelatihan metodik-didaktik dan kursus bahasa bagi tenaga pengajar, Goethe-Institut melengkapi sekolah-sekolah mitra dengan bahan belajar-mengajar bahasa Jerman dan bahan ilmu budaya yang semuanya modern dan bersifat multimedia. Dalam rangka Inisiatif PASCH, Goethe-Institut pun mengirim pakar-pakar pendidikan untuk membina sekolah mitra di seluruh dunia. Kursus pemuda di Jerman untuk siswa-siswi sekolah peserta meningkatkan kemampuan bahasa, memperkuat kompetensi antarbudaya, dan memberikan pengalaman langsung mengenai budaya setempat.

PASCH-Net – Situs web untuk Proyek Inisiatif “Sekolah: Mitra menuju Masa Depan” (PASCH)

Sebagai tempat pertemuan komunitas PASCH internasional, jejaring PASCH menghubungkan sekitar 2.000 sekolah dan 600.000 siswa-siswi PASCH di seluruh dunia.

  1. INFORMASI SEPUTAR PASCH https://www.pasch-net.de/de/pasch-initiative/ueber-die-initiative.html

Situs web ini memberikan informasi mengenai institusi-institusi terkait serta kegiatan mereka di seluruh dunia. Sebuah peta dunia interaktif memberikan gambaran tentang jejaring sekolah. Sekolah-sekolah yang terlibat dapat menampilkan profil singkatnya. Pihak-pihak yang berkomitmen memperkenalkan proyek mereka dan memberikan tips-tips berharga berdasarkan pengalaman di lapangan. PASCH-net juga memberikan informasi mengenai kursus bahasa Jerman internasional bagi pelajar PASCH di negara Jerman, serta informasi mengenai berbagai bentuk dukungan terhadap Sekolah Mitra.

2. BAHAN AJAR DAN PENAWARAN INTERAKTIF

https://www.pasch-net.de/de/lernmaterial.html Pada halaman PASCH-net, para tenaga pengajar (bahasa Jerman) dan peserta didik dapat menemukan dan mengakses secara bebas video, teks, dan audio dengan topik-topik teraktual serta ide-ide yang dapat diimplementasikan pada pembelajaran DaF (Bahasa Jerman sebagai Bahasa Asing) dan dapat mengunduh lembar-lembar kerja terkait. Bahan ajar bagi pelajar remaja dapat disaring berdasarkan tema, tingkat kebahasaan, format, dan materi persiapan ujian. Penawaran interaktif, seperti fungsi komentar yang terintegrasi pada semua materi pembelajaran, mengundang pembelajar untuk ikut berpartisipasi. Siswa-siswi PASCH dapat mengikuti kompetisi bertaraf internasional dengan hadiah-hadiah menarik yang terdapat pada laman PASCH-net. Dalam hal pengambil-alihan (media sosial), guru dan pelajar dapat mengambil alih kanal Instagram dari PASCH-net dan mengunggah materi secara mandiri.

3. KORAN SEKOLAH DARING PASCH-GLOBAL

https://www.pasch-net.de/de/projekte/schuelerzeitung.html Pada laman PASCH-Global, anak-anak muda dari seluruh dunia bersama-sama menulis blog dalam bahasa Jerman. Melalui teks, foto, video, dan audio, mereka memberikan gambaran mengenai kehidupan mereka dan menampilkan pandangan mereka tentang negara Jerman. Koran sekolah daring ini juga menawarkan berbagai kesempatan untuk ikut berpartisipasi.

5. INFORMASI MENGENAI STUDI DI JERMAN DAN UNTUK PARA ALUMNI PASCH

https://www.pasch-net.de/de/studieren-in-deutschland/informationen.html Lulusan dari sekolah-sekolah mitra PASCH mendatang akan menerima informasi umum mengenai topik dan tautan menarik, misalnya tentang platform alumni PASCH. Mereka berkenalan dengan berbagai penawaran beasiswa dan program-program PASCH. Lulusan sekolah mitra PASCH yang saat ini sedang menempuh studi di Jerman menceritakan tentang pengalaman mereka.

7. BULETIN DAN MEDIA SOSIAL

https://login.pasch-net.de/cas/login?service=https%3A%2F%2Fmy.pasch-net.de%2Fpas%2Fj_spring_cas_security_check Para pengguna yang terdaftar dapat mengakses laman “Mein PASCH” (PASCH Saya) dan dapat berlangganan buletin bulanan PASCH yang berisi seputar informasi secara umum dan/atau buletin pelajar. Siapapun yang mengikuti PASCH-net pada situs web Facebook, Twitter dan/atau Instagram, akan menerima informasi tambahan mengenai penawaran-penawaran dari PASCH-net secara rutin.

Penawaran Goethe Institut untuk Sekolah Mitra (PASCH)

Kami membantu sekolah mitra dalam pengembangan mata pelajaran bahasa Jerman. Kami menyediakan materi belajar-mengajar dan materi ilmu budaya yang serba modern dan bersifat multimedia berikut peralatan teknis, jika diperlukan, dan membantu sekolah dalam menjaga kualitas pelajaran bahasa Jerman dengan mengadakan pelatihan untuk pengajar baik di Indonesia maupun di Jerman. Sekolah yang terpilih juga dapat memanfaatkan keahlian seorang „pakar kependidikan“ yang didatangkan dalam rangka Inisiatif PASCH dan bertugas membina sekolah mitra di tempat.

MANFAAT BAGI SISWA

Inisiatif “Sekolah: Mitra menuju Masa Depan“ menawarkan berbagai kemungkinan menarik bagi siswa-siswi sekolah mitra untuk belajar bahasa Jerman dan mengenal kawasan kebudayaan Jerman. Termasuk di sini materi pembelajaran yang kaya variasi dan penggunaan media pembelajaran modern.

Kemampuan berbahasa Jerman bukan saja memungkinkan komunikasi dengan banyak orang yang menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa ibu atau bahasa asing, tetapi juga menjadi landasan untuk menempuh kuliah di Jerman dan meraih peluang kerja yang terkait. Karena itu, sebagai upaya pembinaan ekstra, kami mengundang siswa-siswi yang menonjol untuk mengikuti kursus musim panas bagi remaja di Jerman.

Proyek PASCH Schule

  • Program untuk siswa – siswi
  1. Kursus Daring Bahasa Jerman tingkat B1, B2 dan C1
  2. Beasiswa Studienbrücke
  3. Lomba dari website PASCH-net
  4. Kursus daring spesial dari Berlin Wannsee
  5. Ujian sertifikasi bahasa Jerman
  6. Kursus Dasring bahasa Jerman bagia remaja (Untuk sekolah pasch seluruh dunia)
  7. Lomba gambar dan video dari Goethe Institut Tokyo Jepang
  • Program Untuk Guru
  1. Kursus Daring Bahasa Jerman
  2. Pelatihan Daring dari Goethe Institut Indonesia dan Goethe Institut Jerman
  3. Pelatihan kompetensi digital (zoom, learningApp, dll)
  4. Pelatihan media digital dari buku Ajar baru (Beste Freunde dan Deutsch Echt Einfach)
  5. Pelatihan Metodik didaktik di Jerman
  6. Konferensi Guru Bahasa Jerman
  7. Pertemuan Tahunan untuk Koordinator PASCH setiap sekolah
  • Program Untuk Kepala Sekolah
  1. Beasiswa Kursus Bahasa Jerman
  2. Pertemuan Tahunan Kepala Sekolah PASCH
  • Program untuk Sekolah
  1. Beasiswa Kursus Bahasa Jerman untuk guru – guru mata pelajaran lain di sekolah PASCH (Selain guru bahasa Jerman)
  2. Mahasiswa Magang dari Jerman (BLLV, Schulwärts)
  3. Science Film Festival (SFF)
  4. Workshop untuk tenaga Perpustakaan sekolah PASCH
  • Program untuk Alumni
  1. Beasiswa kursus bahasa Jerman – Proyek alumni
  2. Beasiswa Studienkolleg Indonesia
  3. Seminar Daring
  4. Pengikutsertaan alumni ke dalam proyek PASCH (Misal : Schülercamp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *