Yayasan Al-Kahfi didirikan pada tahun 1999 di Surabaya. Yayasan Al-Kahfi memiliki cabang yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah yayasan Al-Kahfi cabang Kota Malang yang didirikan pada tahun 2009 beralamatkan di Jl. Polowijen II no. 487B-02 RT 01 RW 03 Polowijen, Blimbing, Kota Malang. Tujuan yayasan  Al-Kahfi cabang Kota Malang adalah untuk meluaskan jangkauan pemecahan masalah akhlaq (bekal menghadapi degradasi moral yang semakin kuat), kemiskinan (kesejahteraan sosial), dan peningkatan kualitas generasi bangsa (melalui IESQ) untuk masyarakat Kota Malang .

              Visi Yayasan Al-Kahfi adalah menjadi Lembaga yang memiliki kepedulian terhadap peningkatan kualitas pendidikan, akhlak, dan kesejahteraan masyarakat berlandaskan nilai-nilai Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin, sedang misi yang dimiliki Yayasan Al-Kahfi adalah sebagai berikut.

  1. Mengadakan pembinaan moral dan intelektual remaja muslim agar siap menjadi generasi penerus pembangunan bangsa melalui pelatihan life skill atau IESQ.
  2. Mencegah semakin banyaknya pelajar putus sekolah, dengan cara memberikan santunan Pendidikan (beasiswa dan berbagai perangkat kebutuhan sekolah).
  3. Membantu pemerintah bersama-sama mengentaskan kemiskinan dan kebodohan melalui bantuan kesejahteraan, konsultasi pendidikan dan bimbingan belajar gratis.
  4. Mendirikan rumah atau panti asuhan sebagai tempat tinggal dan belajar untuk anak-anak yatim, piatu, dan duafa sebagai sarana mengasah prestasi dan bekal hidup.

Program yang dimiliki Yayasan Al-Kahfi adalah dalam bidang pendidikan (beasiswa pendidikan, alat dan perlengkapan sekolah, kreativitas, hidroponik kids), bidang pembinaan karakter (Life skill education, study moral, semangat ilmiah menata hidup), bidang kepedulian sosial (paket gizi, pelajar tangguh, peduli bencana, sembako, dan kesejahteraan), PHBI, dan PHBN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *