Workshop Sosialisasi SMA Rujukan tahun 2016 Di SMAN 5 Malang

SMAN 5 Malang merupakan salah satu dari 6 sekolah rujukan di kota Malang, dan menjadi salah satu dari 614 sekolah rujukan di seluruh Indonesia. Tahun 2016 ini, SMAN 5 Malang bangga bisa menjadi sekolah rujukan karena dapat menetapkan diri sebagai yang terbaik bagi masyarakat . SMAN 5 Malang merupakan model lembaga pendidikan yang unggul tidak hanya dalam hal prestasi akademik namun memiliki karakter yang kuat pada keunggulan nonakademik tertentu.

Workshop Sosialisasi SMA Rujukan tahun 2016 diselenggarakan pada Selasa, 16 Agustus 2016 dimulai pukul 07.00-13.30 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh guru SMAN 5 Malang, kepala sekolah dan guru dari sekolah anggota kluster, pengawas pembina SMAN 5 Malang, ibu Sri Kaeni, M.Pd dan narasumber tentang sosialisasi sekolah rujukan yaitu bapak H. Mujib,S.Pd, MM selaku kepala SMAN 1 Giri Banyuwangi. Pemaparan materi pada workshop kali ini adalah tentang pemaparan progam SMA Direktorat PSMA dan sosialisasi program bantuan pemerintah SMA rujukan, paparan umum setiap bidang kegiatan SMA rujukan, pemaparan implementasi e-Rapor, penyusunan soal berbasis IT, pengembangan soal HOTS, penumbuhan budi pekerti, kewirausahaan, Gerakan Literasi Sekolah (GLS), pengembangan sekolah aman, video profil dan buku profil, dan program unggulan OSN (Olimpiade Sains Nasional).

Kota Malang merupakan daerah yang memiliki sekolah rujukan terbanyak dibandingkan dengan daerah lain. Ke depan, jumlah sekolah rujukan akan semakin banyak, namun untuk tahap awal sekolah yang ditunjuk merupakan pilot project. Sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah rujukan wajib melakukan pengimbasan ke sekolah lain yang termasuk anggota kluster. Pengimbasan tersebut akan mendapat pendampingan dari provinsi sehingga sekolah anggota kluster akan menjadi sekolah yang memiliki kriteria yang baik menjadi sekolah rujukan. Kerja sama yang baik antara sekolah rujukan dengan sekolah anggiota kluster harus dipegang teguh agar bisa mempersiapkan lembaga pendidikan yang baik dengan SDM yang baik pula. Dengan demikian, pendirian sekolah rujukan benar-benar berjalan efektif.

SMAN 5 Malang menjadi sekolah rujukan dengan kriteria.
1. Memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP)
2. Hasil Ujian Nasional (UN) 2 tahun berturut-turut (˃70,00) dan indeks integritas UN (˃80,00)
3. Memiliki tenaga pendidik dan kependidikan memadai
4. Memiliki sarana dan prasarana memadai
5. Memiliki keunggulan akademik dan nonakademik
6. Memiliki praktik dan inovasi pendidikan
7. Memiliki prestasi akademik
8. Melibatkan warga sekolah, orang tua, siswa, dan publik serta pengelola pendidikan
9. Terbebas dari kekerasan, narkoba, SARA, dan radikalisme
10. Mengisi dapodik secara berkala
11. Lokasi strategis dan mudah dijangkau sekolah lain
12. Mendapat dukungan dengan pembinaan dan anggaran dari Dinas Pendidikan Provinsi/atau kabupaten/kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>