Tiga minggu di Jerman merupakan pengalaman yang takkan pernah saya lupakan

Tiga minggu di Jerman merupakan pengalaman yang takkan pernah saya lupakan. Pergi ke negara orang merupakan cita-cita mulia saya sejak menempuh kelas 9 SMP. Alhamdulillah Jerman menjadi negara pertama saya. Melalui Ujian Tingkat Kebahasaan Bahasa Jerman level A2, saya bisa mendapatkan beasiswa ini. Awalnya saya sudah tidak menaruh minat pada Jerman karena materi A2 yang terlalu runyam. Tapi ternyata kalau bukan karena materi A2, saya tidak akan bisa berkomunikasi dengan orang lain, terutama di Jerman.

Banyak sekali niai positif dan negatifnya mengikuti kursus di Jerman kemarin. Seperti sifat-sifat penduduknya, budayanya, pembelajaran dalam kelas, makanannya dan yang paling menarik adalah pandangan muslim di Jerman. Kegiatan di Jerman sangat bervariasi. Banyak kota-kota yang saya kunjungi seperti, Stuttgart, Nürnberg, Waldenburg dan Schwäbisch Hall. Menyelam sambil minum air, belajar sambil bermain. Seperti itu zang saza rasakan selama 3 minggu.

Yaniar Dian Rahayu – XII BAHASA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>